JAJANAN KHAS KOTA GEDE YANG MELEGENDA

05 November 2018 11:55:36 / Hits : 1770 / Posted by
JAJANAN KHAS KOTA GEDE YANG MELEGENDA

“KIPO” JAJANAN KHAS KOTA GEDE YOGYAKARTA YANG MELEGENDA

Selamat datang di Yogyakarata Traveller, kota istimewa, kota pelajar, dan kota pariwisata. Yogyakarta adalah salah satu kota terfavorit untuk dijadikan tujuan wisata, karena di Yogyakarta terdapat banyak tempat wisata alam yang bagus dan indah, tempat wisata bersejarah, juga yang pastinya tempat wisata kuliner yang enak-enak di jogja. Kalau biasanya disini bercerita tentang tempat-tempat bagus dijogja, sekarang waktunya kita ngomongin  yang enak untuk dimakan. Traveller, kalian mesti kalau kejogja makan Gudeg, Ya! Siapa sih yang gatau makanan ini, hampir semua orang tau dan pernah makan Gudeg, dengan citarasa yang manis dan gurih menimbulkan rasa ketagihan bagi yang memakannya. Stop ! tetapi disini saya tidak akan membahas tentang Gudeg, karena sudah terlalu banyak orang sudah pernah memakannya, karena disini saya akan membahas jajanan khas Jogja juga, tempatnya di Kota Gede yaitu KIPO. Haaa ? Kipo ? apa itu Kipo ? jangan salah jajanan khas Kota Gede ini sangat melegenda lho. Yuk, kita bahas.

Kipo, adalah makanan khas Kotagede sejak dari dulu kala, yaitu pada masa kerajaan Mataram Islam di Kota Gede. Ya benar sekali selain menjadi pusat Kota Perak di Yogyakarta Kota Gede masih mempunyai warisan Kuliner Nusantara yang tidak boleh dilupakan yaitu Kipo. Kipo berawal dari ketika seorang yang bernama  Paijem Djito Suhardjo mempopulerkan kembali melui lomba masakan khas Nusantara pada tahun 1986, dari setelah itulah Kipo menjadi sorotan karena keunikannya dan cita rasanya. Makanan yang terbuat dari tepung ketan ini kemudian dikembangkan oleh penerus-penerus bu Djito di daerah Kota Gede sampai sekarang. Bentuk Kipo sendiri pipih agak memanjang, berwarna hijau dan hanya sebesar ibu jari, kemudian isinya manis. Aroma Kipo sangat khas sekali, dipadu perasan dari daun suji, kelapa,gula dan kemudian dibungkus dengan daun pisang membuat para traveller akan tergugah nafsu makannya.  Banyak kios-kios di pinggir jalan Kota Gede yang menawarkan jajanan dari tepung ketan ini, harga yang dipatok juga tidak mahal hanya 2000 per porsi berisi 5 Kipo murah kan Traveller. Ukuran yang kecil dan rasa yang enak menjadikan Kipo buruan utama para traveler mengunjungi Kota Gede, selain memburu kerajinan peraknya. Hanya saja Kipo adalah makanan yang tidak sama sekali memakai bahan pengawet, jadi untuk para traveller yang ingin menjadikan nya oleh-oleh untuk keluarga lebih baik dipikir ulang lagi, karena Kipo hanya bertahan kurang lebih 24 Jam.

Kipo adalah salah satu makanan khas Nusantara yang wajib dan dilestarikan agar tidak punah begitu saja oleh perkembangan zaman. Traveller ingin mengunjungi Kota Gede sebatas ingin membeli kerajinan perak dan pastinya menikmati jajanan Kipo, Abadi Tour Jogja siap menemani liburan para traveller semua, Abadi Tour siap memberikan pelayanan terbaik nya dari transportasi dan tempat anda menginap. Segera reservasi ke Hotline kami yaitu lewat WA, sangat mudah kan Travellers….Abadi Tour Jogja “One Stop Travel Solution”

Reservasi By WA : 085228286996 / 082221774321 / 081289999654

Tags : paket tour jogja, paket wisata jogja, paket murah jogja, paket wisata murah jogja, one day tour, city tour jogja, wisata murah di jogja, bukit panguk kediwung, bukit panguk, bukit kediwung, dlingo, bantul, kebun buah mangunan, yogyakarta, city tour jogja, sewa mobil murah dijogja, sunrise, pakettourjogja, paketwisatajogja, pakettourmurahdijogja, paketwisatamurahjogja, citytourjogja, sewamobiljogja, sewamobilmurahjogja, sewamobilmurahdijogja, jogjatour, wisatajogja, abaditour, abaditourjogja, abaditourtravel, kipo, kota gede, kota perak, makanan khas jogja, makanan khas kota gede


Related News :